About Me

Foto Saya
Essa Magic
Jadilah Yang Terbaik
Lihat profil lengkapku
Maaf sekali blogger ini sudah saya setting untuk tidak dapat di copy paste jadi anda tidak dapat mengcopy blog ini

Jangan Lupa

free counters

I made this widget at MyFlashFetish.com.


LCD Text Generator at TextSpace.net Welcome Essa Magic
Free Blog Content
PRIMBON™ - Gerbang Dunia Mistik & Alam Gaib

Rabu, 28 Oktober 2009

Galaksi






Banyaknya jumlah galaksi di alam raya oleh para ahli di kelompokkan menjadi sebuah kluster(cluster of galaxie). galaksi kita atau milky way, bersama 18 galaksi lainnya, yaitu : Andromeda, Awan magellan besar, awan magellan kecil, membentuk cluster lokal, contohnya : -cluster virgo (1000 galaksi)
-cluster coma (10000 galaksi)
Nama-nama cluster :
- cluster lokal
-cluster virgo
-cluster coma
-cluster hydra
-cluster Fournax
-dll..
Banyak Galaksi
> Galaksi Spiral(75%)
> Galaksi Elips(20%)
> Galaksi Tak beraturan(5%)

Galaksi Milky Way

Galaksi tempat Tata Surya kita berada adalah Galaksi Milky way (Bima Sakti). Letaknya di seberang Rasi Sagitarius. Pusat Galaksi tebalnya 10.000 - 15.000 tahun cahaya. Disekitar pusat terbentang banyak bintang dengan garis tengah 80.000 tahun cahaya. jarak tersebut kurang lebih 772.000.000 miliar kilometer. Kecemerlangan bintang di pusat Galaksi berwarna merah. Matahari 100.000 kali lipat lebih redup dari pada pusatnya dan bintang bintang di sekitarnya. Pusat Tata Surya kita terletak pada 30.000 tahun cahaya dari pusatnya. Peredarannya 250.000.000 tahun cahaya. Berikut adalah beberapa nama-nama Nebula dan Galaksi :
~ M31 di Andromeda, merupakan tetangga terdekat Bima Sakti.
~ NGC 6822 dan M33 adalah Galaksi yang terletak jauh di luar pagar rumpun lokal.
~ M31 bersama 25 Galaksi lainnya membentuk gugus galaksi (Rumpun Lokal) atau Super Cluster Virgo.

Ukuran Galaksi
Galaksi memiliki ukkuran yang berbeda-beda. mulai dari sistem kerdil dengan diameter 10.000 tahun cahaya dan sistem raksasa dengan diameter 100.000 tahun cahaya. Galaksi kerdil tebih banyak di bandingkan Galaksi Raksasa.

Jarak Galaksi
~Awan awan Magellan(0,2 juta tahun cahaya)
~Gugus Andromeda( 2.000.000 tahun cahaya)
~Gugus Ursa Mayor(8.000.000 tahun cahaya)
~Gugus Virgo(39-52 juta tahun cahaya)
Spektrum galaksi merupakan gabungan spektrum dari semua bintang yang ada di dalamnya. Tipe-tipe utama spektrumberikut dapat di kenali : B, A, F, G dan K. sesuai dengan bintang-bintang biru, putih, kuning, jingga, dan merah. Tipe-tipe yang berbeda ini sesuai dengan variasi populasi bintang dalam galaksi galaksi tersebut.

Rotasi dan Masa Galaksi
Jika Galaksi mempunyai inklonasi dengan garis pandangan yang bersudut kurang dari 90 derajat berarti satu sisi sedang bergerak menjauhi pengamat dan garis-garis dari bagian ini berpindah menuju bagian merah pada spektrumnya. Sisi yang lain sedang mendekati dengan dengan garis-garisnya berpindah menuju bagian berwarna biru dari spektrumnya. Ini di sebut efek Doppler, sesuai dengan penemunya seorang ahli fisika Austria Christian Doppler. Efek rotasi mengakibatkan perubahan garis-garis spektrum kecuali pada pusat galaksi. kecepatan rotasi bagian manapun dari Galaksi.

0 komentar: